Kamis, 11 Juni 2015

Nongkrong sehabis sholat isya bersama komunitas baca-baca di taman


Bismillah...

Sabtu (10/11/12) malam ini, taman menteng, di bilangan menteng Jakarta, terpaksa harus datang lebih awal setelah sholat isya. Pasalnya,Kita punya janji khusus, ngobrol bareng salah satu komunitas pecinta baca dijakarta. teman-teman dari komunitas pecinta baca Agus,Uu,Kiki, dan Aziz ini datang sekitar pukul 7 malam, dan langsung mengelar lapak manis dipinggir rumah kaca taman menteng. isi taman menteng cukup memiliki atmosfer asik dengan kehadiran mereka. untuk nongkrong sehabis sholat isya rasanya seru untuk berbagi pengalaman dan membahas beberapa topik umum.

Seluk beluk, hingar bingar dan keriuhan pesta malam minggu kita dapati dengan hasil yg sangat fenomenal, di pertemuan pertama kita, kita mendapati teman-teman komunitas pecinta buku yang rendah hati, nyentrik, banyak diragukan namun memperoleh kemenangan semangat yang sangat mengejutkan sekali, bahkan semangatnya terulang-ulang dalam bincang-bincang kita dan saling tak terbantahkan.

Melihat optimisme teman-teman komunitas pecinta baca untuk melakukan perubahan di Jakarta. rasa percaya diri kami akhirnya timbul kembali dan Jakarta insyaAllah bisa berubah dan jauh menjadi baik sekali, dengan budaya membaca. seperti ayat quran yang pertama kali turun, iqro

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." ( Al-Alaq : 1 - 5 )

memang sungguh lemah manusia itu. Menurut pernyataan kami sejenak, kalau ada seorang yang meskipun dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sangat tinggi dengan melakukan berbagai riset, namun orang tersebut tidak mengenal Allah dan RosulNYA, maka sangat tidak bermakna sekali.

Dan tentunya akan semakin tinggi nilai seseorang yang menggunakan akal pikirannya untuk iqra’ tersebut disertai dengan keimanan yang penuh kepada Allah, dan sekaligus mengakui kekuasaan-Nya serta mengakui pula atas kelemahan dan keterbatan dirinya. Jadi dengan demikian kiranya dapat disimpulkan bahwa manusia yang paling bermakna ialah mereka yang mendasari hidupnya dengan akidah yang benar dan mempergunakan akalnya untuk iqra’ dan hasilnya kemudian di sosialisasikan kepada seluruh umat manusia, sehingga akan dapat memberikan manfaat dan bahkan kemaslahatan bagi manusia dan dunia. Kemudian menyusul berikutnya ialah mereka yang mempergunakan akal pikirannya untuk iqra’ dan kemudian menyampaikan hasil iqra’nya tersebut untuk kepentingan kemanusiaan dan kedamaian dunia.

semangat optimis ini bahkan tidak dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya saja. bahkan makasar! wow... komunitas mereka hingga nan jauh di mato. MasyaAllah!

Setelah ngobrol selama hampir dua jam dengan kami, teman-teman kami dan komunitas pecinta baca melakukan sesi pemotretan. semua ikut meramaikan sesi foto bareng dengan komunitas pecinta baca.

Di sela-sela foto bareng, beberapa anak komunitas pecinta baca (Aziz) mengutarakan keinginan mereka dengan adanya pertemuan ini.
"nanti kalo fotonya sudah jadi! fotonya buat lo! Kameranya buat gw yah, hahaha..." seru beberapa anak bersautan.
kami tersenyum melihat tingakah teman-teman komunitas pecinta baca.

Untuk itulah kiranya sangat bijaksana manakala sebagai manusia kita mengambil peran sebagai manusia tertinggi yakni mendasari diri dengan keimanan yang benar dan sekaligus mau mempraktekkan iqra’ dalam kehidupan sehari harinya untuk selanjutnya disosialisasikan kepada umat, sehingga diharapkan keberadaan manusia itu dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kemanusiaan dan kesejahteraan mereka serta dunia secara umum.

Semoga awal pertemuan kita ini, seperti awal turunnya ayat quran. Iqro "Bacalah" dan insyaAllah berkelanjutan dengan saling menyambung rahim.

Salam untuk teman baru kami Agus, Uu, Kiki, Aziz dan teman-teman komunitas pecinta baca lainnya..

*sumber : masdiko
Dimuat di Shalih TV – Ahlusunnah

https://www.facebook.com/ShalihTV/photos/a.392735420795100.85262.106352506100061/392950387440270/?type=1&hc_location=ufi


0 komentar:

Posting Komentar